Cara Aktifkan Bar Pengaturan Sistem HP Android

Bar pengaturan pada android dibuat untuk memudahkan pengoperasian berbagai fitur-fitur penting. Semua HP android memiliki fitur ini secara bawaan. Namun bisa jadi karena masalah tertentu atau habis dilakukan pengaturan menjadkan bar pengaturan sistem menjadi hilang.

Bar pengaturan sistem ini sejatinya tidak mengalami banyak perubahan dari waktu ke waktu. Jika kita lihat kondisi tampilan sekarang ini, tidaklah jauh dengan pengaturan pada sistem android gingerbread, ICS, kitkat, lollipop, marshmallow, nougat ataupun sistem oreo sekalipun.

Yang membedakan biasanya dari sistem UI yang dimiliki oleh pabrikan. Misalnya IU Samsung, tentunya berbeda dengan UI dari VIVO, OPPO, Xiaomi, ASUS, Lenovo, Huawei apalagi dengan Sony. Jadi mungkin informasi yang kami berikan tidak bisa diaplikasikan sama persis sesuai di HP anda. Untuk itu anda harus menyesuaikan dengan smartphone sendiri.

Cara Mengaktifkan Bar Pengaturan Sistem Pada HP Android

Berikut cara mengaktifkan bar system pada Android yang bisa anda lakukan. Pastikan masing-masing langkah dilakukan dengan berurutan dan benar.

1. Aktifkan layar hp

Cara aktifkan bar pengaturan sistem yang pertama kali. Yang dimaksud aktifkan di sini bukan hanya berupa hp keadaan mati menjadi menyala namun juga membuka hp yang terkunci menjadi terbuka.

2. Usap layar untuk tampilkan bar notifikasi

Setelah layar terbuka atau tidak terkunci, maka masuk ke cara yang kedua yaitu menampilkan bar notifikasi. Pilih ikon pengaturan atau ikon yang bergambar gerigi bulat posisinya dibagian atas. Jika sudah menemukannya, tekan dan tahap ikon tersebut hingga muncul pemberitahuan pengaturan sistem atau UI Tuner android sudah aktif.

Baca juga: Cara memakai mode pesawat di HP Android

3. Gunakan bar pengaturan sistem

Jika sudah mengikuti kedua cara aktifkan bar pengaturan sistem diatas dan berhasil aktif, Anda bisa menemukan dan menggunakan bar pengaturan sistem atau UI Tuner di menu pengaturan. Masuk ke bar tersebut dan Anda akan temukan 4 menu salah satunya adalah untuk memunculkan indikator baterai dalam persen tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Apakah sudah berhasil mengaktifkan sistem bar seperti di atas? Jika belum paham atau belum berhasil, silakan tinggalkan balasan di kolom komentar agar kita bisa berdikusi bersama untuk menanganinya.

Leave a Reply